10 Striker Top Dunia Adu Tajam Pekan Ini (1)

Ireland's Keane celebrates after scoring against Gibraltar during their Euro 2016 qualifying match in Dublin
10 Striker Top Dunia Adu Tajam Pekan Ini (1)

( Info Bola ) SEJUMLAH kompetisi sepakbola di Benua Eropa sedang memasuki masa rehat. Kini para pemain bergantian membela panji-panji negaranya, baik sekadar pertandingan persahabatan ataupun turnamen seperti kualifikasi Euro dan Copa America.

Dalam rentetan pertandingan yang akan berlangsung sepanjang pekan ini, terdapat 10 striker top dunia yang akan beradu tajam. Berikut ini ke-10 striker maut itu.

1. Robbie Keane (Republik Irlandia)

Untuk ukuran pemain yang telah menginjak usia 34 tahun, Keane merupakan satu dari sekian banyak penyerang yang masih dapat menjaga insting mencetak gol. Striker yang kini membela klub Major League Soccer (MLS), LA Galaxy, itu terus menjadi sosok penting bagi Timnas Republik Irlandia.

Sepanjang karier membela The Boys in Green, pemilik nama lengkap Robert David Keane itu telah mencetak 65 gol dalam 138 kali pertandingan. Melalui torehan golnya yang lebih banyak ketimbang keseluruhan gol yang diciptakan rekan-rekannya saat ini untuk timnas, ia akan menjadi tumpuan ketika Polandia bertandang ke Dublin pada akhir pekan ini.

2. Cristiano Ronaldo (Portugal)

Bisa dibilang nasib Portugal untuk mentas di Euro 2016 berada di kaki Cristiano Ronaldo. Saat ini mereka berada di urutan dua grup I, terpaut satu poin dari Denmark di puncak klasemen sementara.

Kehadiran Ronaldo sangat berpengaruh bagi Seleccao das Quinas. Terbukti, tim arahan Fernando Santos itu secara mengejutkan kalah 0-1 dari Albania pada laga pembuka kualifikasi. Pemilik nama beken CR7 tersebut menjadi penyelamat dalam dua laga selanjutnya kontra Denmark dan Armenia.

Pada 30 Maret 2015, megabintang Real Madrid itu kembali akan menjadi tumpuan Timnas Portugal kala menjamu Serbia di lanjutan kualifikasi Euro 2016. Sepanjang karier membela timnas, Ronaldo telah mencetak 52 gol dari 118 kali penampilan.

3. Wayne Rooney (Inggris)

Sosok Wayne Rooney sangat penting bagi The Three Lions. Mesti tahu kehadirannya amat diperlukan, pria yang akrab disapa Wazza itu hingga kini belum mendapat peran yang pas di skuad Roy Hudgson.

Namun 46 gol dari 101 pertandingan, tiga di antara tercipta pada kualifikasi Euro 2016, menjadi bukti perannya semakin jelas. Berkat penampilan apik tersebut, Inggris saat ini memuncaki klasemen grup E dengan 12 poin dari empat pertandingan. Pada 28 Maret 2015, mereka akan kedatangan Lithuania untuk meneruskan catatan tak terkalahkan di kualifikasi.

4. Enner Valencia (Ekuador)

Setelah tampil mengejutkan di Piala Dunia 2014, Enner Valencia langsung merasakan tuahnya. Ia bergabung dengan tim Premier League, Aston Villa. Namun, prestasinya di level klub tak semengilap saat berkostum La Tricolor –julukan Timnas Ekuador.

Striker 25 tahun itu baru mencetak empat gol bagi Villa dari 25 kali turun ke lapangan. Berbeda bila dirinya sedang menunaikan tugas negara. Dari 17 pertandingan, Valencia berhasil mencetak 17 gol. Di pundaknya disematkan harapan publik Ekuador untuk melaju jauh di Copa America 2015. Pada 29 Maret, mereka akan melakukan uji tanding dengan Meksiko.

5. Thomas Muller (Jerman)

Banyak yang menilai Thomas Muller merupakan striker cengeng. Ia kerap disebut merengek kepada wasit saat mendapat penjagaan keras dari barisan pertahanan lawan. Namun satu yang tak bisa dibantahkan, Muller adalah ujung tombak paling maut Der Panzer saat ini.

Setelah Miroslav Klose pensiun usai menjuarai Piala Dunia 2014, kini tinggal Muller pemain yang masih aktif dengan torehan gol mencapai 26 dalam 62 penampilan untuk Timnas Jerman. Terbilang fantastis karena usianya masih muda yaitu 25 tahun. Empat gol di antaranya ia ciptakan pada kualifikasi Euro 2016.

Setelah bermain 2-2 kontra Australia dalam laga uji coba, kini Jerman akan menatap laga kualifikasi Euro Grup D kontra Georgia. Dalam laga ini, Muller kemungkinan besar bermain sejak menit pertama setelah hanya duduk di bangku cadanganya kontra juara Piala Asia itu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*