Minimalisir Penggunaan Internet, China Dirikan Camp Isolasi

minimalisir-penggunaan-internet-china-dirikan-camp-isolasi-duiotffpNQTeknologi – Kecanduan internet di wilayah negara China memang menjadi sorotan khusus pemerintah setempat, terutama pada pengguna usia muda. Untuk mengatasi dampak negatif dari kecanduan tersebut, telah didirikan sebuah tempat isolasi bernama The Daxing Internet Addiction Treatment Centre (IATC) untuk mengurangi dampak kecanduan.

Dalam camp tersebut para pecandu internet akan diberikan sistem pelatihan yang cukup ketat, sama persis dengan pelatihan di militer atau tempat isolasi lainnya. Para penggila internet saat memasuki area isolasi ini, dipaksa untuk meninggalkan perangkat komputasi mereka, termasuk gadget.

Dilansir dari Mirror, Senin (6/4/2015), saat memasuki camp, para pecandu akan dilarang menggunakan gadget. Kemudian sebelum memasuki area, tim isolasi akan memeriksa kesehatan tubuh dan jiwa para pecandu untuk memastikan para pasien bisa menerima pembinaan dengan baik.

IATC yang berada di pinggiran kota Beijing, China ini sebenarnya sudah resmi dibuka pada tahun 2006 dan mengklaim telah menampung sebanyak 6.000 pasien. Pihak camp juga mengklaim bahwa telah berhasil menyembuhkan sebanyak 75 persen para pecandu tersebut.

Dalam keterangannya, pihak camp mengungkapkan bahwa para pecandu yang telah dirawat di IATC tersebut, telah berhasil bebas dari kecanduan dan hanya menggunakan internet kurang dari enam jam sehari. Berkurang cukup drastis, karena awalnya pecandu bisa berlama-lama di depan komputer seharian bahkan lebih.

Menurut pemerintah setempat, kecanduan internet termasuk kegilaan terhadap produk gadget hampir mempengaruhi 24 juta dari 632 juta pengguna internet di China. Sebagian besar pecandu adalah laki-laki muda, terutama bermain game online multiplayer.

Para dokter dalam IATC mengungkapkan bahwa 90 persen pasian yang datang, memiliki depresi klinis dari internet. Pasalnya, mereka banyak menghabiskan waktu hingga 14 jam sehari atau lebih hanya untuk berkutat dengan internet.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*