Siswa Indonesia Ingin Pelajaran Coding Ada di Sekolah

siswa-indonesia-ingin-pelajaran-coding-ada-di-sekolah-lOfTz44wPiTeknologi – Survei yang dilakukan Microsoft di beberapa negara kawasan Asia Pasifik menunjukkan mayoritas siswa, tak terkecuali di Indonesia, ingin pelajaran coding ada di sekolah.

Survei yang dilakukan pada Februari 2015 itu melibatkan 1.850 siswa dengan usia di bawah 24 tahun yang berasal dari delapan negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Siswa-siswa tersebut dimintai pendapat mengenai coding dan software programming.

Hasilnya, 72 persen dari siswa yang disurvei menginginkan bisa tahu lebih banyak mengenai coding dan pelajarannya di sekolah. Hal tersebut menyiratkan banyak anak Indonesia yang semakin sadar dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

“Hasil survei Microsoft menunjukkan dengan jelas bahwa mayoritas siswa di Indonesia tidak lagi mempertanyakan manfaat coding. Anak-anak muda ini telah menyadari pentingnya coding dalam membantu mereka memperoleh keterampilan mendasar di abad 21, sekaligus mempersiapkan mereka untuk menjadi sukses di masa depan,” ujar Esther Sianipar, Community Affairs Manager Microsoft Indonesia,

Sayangnya, hanya 51 persen siswa yang mengatakan memiliki kesempatan untuk belajar coding di sekolah, baik sebagai pelajaran inti maupun kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, hanya 39 persen siswa yang mengungkapkan bahwa orangtua mereka berpikir coding penting untuk masa depan.

Kesenjangan antara minat siswa dengan lingkungan menunjukkan bawa pentingnya pelajaran coding belum disadari betul oleh pendidik dan orangtua. Ke depan, diharapkan pendidik serta orangtua di Indonesia dapat mendukung generasi muda dalam mengambil langkah pertama mereka mempelajari coding.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*